Sebelum Berangkat, Simak Dulu Fakta Unik Coban Tundo Ini

Sebelum Berangkat, Simak Dulu Fakta Unik Coban Tundo Ini

Wisata air terjun di Malang memang sulit ditandingi, pemandangan air terjunnya selalu saja bisa memukau wisatawan. Perjalanan menuju kawasan air terjunnya sendiri selalu penuh creita, belum lagi aneka macam kegiatan seru yang bisa dilakukan di sekitar air terjun. Begitu pula dengan Coban Tundo, banyak hal menarik yang bisa kamu alami ketika berwisata ke air terjun satu ini. Nah, apa saja hal menarik yang akan kamu rasakan tersebut? Simak dulu di sini.

Trekking Di Antara Perbukitan

Coban Tundo yang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang lagi hits ini berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, namun pada akhirnya harus berhenti di wilayah pemukiman yang paling dekat dengan kawasan air terjun. Untuk melanjutkan perjalanan menuju Coban Tundo kamu bisa menggunakan jasa ojek. Atau kalau merasa mahir mengendalikan motor di medan yang sulit dan belum familiar, bisa kok kamu lanjutkan sendiri. Treknya berupa perbukitan yang naik turun, jadi cukup melelahkan kalau kamu ingin jalan kaki dan belum terbiasa dengan kegiatan lintas alam.

Tiga Air Terjun Dalam Satu Lokasi

Salah satu yang membuat tempat ini sangat populer adalah jumlah air terjunnya. Bukan hanya satu, jadi penduduk sekitar menamainya Coban Tundo Siji, Coban Tundo Loro, dan Coban Tundo Telu yang dalam Bahasa Indonesia berarti satu, dua, tiga, yang namanya sesuai dengan urutan ketinggian air terjun.

Pada urutan teratas terdapat Coban Tundo Siji, dan disusul aliran air terjun kedua dan ketiga. Sebenarnya di bawah aliran air terjun Coban Tundo 3 in masih ada satu aliran air terjun lagi. Hanya saja belum terbuka sebagai destinasi wisata karena aksesnya yang sulit terjangkau.

Coban Tundo 1

Begitu sampai di kawasan air terjun, kamu akan melihat Coban Tundo Siji. Air terjun ini memiliki ketinggian air terpendek dibanding yang lainnya, yaitu sekitar 5 meter saja. Kedalaman kolamnya pun juga paling ramah untuk wisatawan, yaitu 2 meter. Jadi kalau kamu masih baru belajar berenang, Coban Tundo Siji ini adalah pilihan yang pas. Apalagi, kamu juga bisa menyewa pelampung yang ditawarkan oleh warga sekitar. Airnya yang jernih terasa begitu sejuk, sayang kalau kamu tidak ikutan main air di sini.

Coban Tundo 2

Air terjun dengan ketinggian 10 meter ini memiliki kolam sedalam 7 meter, sehingga cukup berbahaya kalau kamu belum cukup bisa berenang. Sebenarnya, Coban Tundo 2 ini menjadi favorit wisatawan. Di samping air terjun terdapat sebuah batu besar yang biasanya digunakan untuk start lompat menuju ke kolam air terjun. Walaupun banyak yang melompat ke air terjun, kalau belum punya keahlian berenang yang oke, jangan coba-coba dulu ya.

Coban Tundo 3

Air terjun setinggi 15 meter ini menjadi yang paling ekositis di antara ketiga air terjun lainnya. Namun, hal tersebut juga membuatnya memiliki kolam air paling dalam. Karena itulah, sebaiknya jangan berenang di sini. Selain itu, kolam di Air Terjun Coban Tundo 3 ini dikenal memiliki pusaran air yang juga telah menelan beberapa korban. Suasana yang sepi di sekitar Coban Tundo 3 membuat pertolongan yang dibutuhkan selalu datang terlambat. Kalau di Coban Tundo 2 kamu masih bisa bertemu dengan warga sekitar yang menawarkan pelampung atau makanan, tidak di Coban Tundo 3. Suasana di sini sangat sepi, dan sesekali saja kamu akan bertemu dengan wisatawan lainnya.

Jangan Berkunjung Sendirian

Sebaiknya kamu tidak datang ke Coban Tundo sendirian, apalagi kalau mau ke Coban Tundo 3. Minimal kamu berdua atau lebih baik lagi kalau beramai-ramai ke destinasi wisata alam ini. Lokasi air terjunnya yang cukup jauh dari perkampungan, membuat evakuasi tidak bisa dilakukan dengan segera. Bukan berpikiran buruk, tapi kondisi alam memang sulit untuk diprediksi. Jadi tetaplah berhati-hati, atau sebaiknya jangan lanjutkan ke Coban Tundo 3.

Jangan Memaksakan Diri Berenang

Sulitnya memprediksi kondisi alami di kolam air terjun menjadi salah satu alasan penting kenapa kamu yang tidak terlalu mahir sebaiknya menahan diri untuk tidak berenang. Atau, kalau memang ingin sekali berenang di bawah air terjun, coba saja di Coban Tundo 1, tapi tetap pastikan ada orang yang mengawasi. Walaupun gak bisa berenang, kamu tetap bisa menikmati suasana Coban Tundo yang alami dan asri. Atau, kamu bisa ngemil dan makan bekalmu.

Suasana Yang Sunyi

Duh, berenang di bawah air terjun kok rasanya berbahaya ya, sebenarnya tidak juga sih. Yang penting, kamu sadar dengan kapasitas diri, apa yang sanggup kamu lakukan dan tidak. Kemudian, kamu juga harus berhati-hati ketika berada di sebuah destinasi wisata, yang sebernya sama saja dimanapun lokasinya. Minimal kamu bisa bersantai sambil menikmati suara gemericik air, dan menyegarkan pikiran. Coban Tundo dengan suasananya yang sunyi dan masih belum tersentuh pembangunan bisa membuatmu merasa tenang.

Nah, itulah beberapa hal menarik tentang Coban Tundo yang haru kamu tahu. Sekarang kamu mau segera datang dan menyaksikan sendiri cantiknya air terjun di Kabupaten Malang ini? Yuk berangkat sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *