Badai virus corona membuat destinasi wisata menjadi turun drastis, tak terkecuali sektor wisata outbound malang yang terkena imbas nya. kebijakan pemerintah pusat untuk tentang waspada bencana virus korona membuat pemerintah kota batu bergerak cepat guna menurunkan tingkat penyebaran virus corona di kota batu, memang belum ada kasus yang terpapar corona , tapi untuk mewaspadai sebaran virus yang menyebar bak angin maka pemerintah harus tegas membatasi peyebarannya.

kiata harus belajar apa yang terjadi di italia agar menjadi pelajaran kita bersama, rangkuman cerita ini berasal dari orang italia di web akun reddit kami persingkat dan kami lengkami agar mudah di pahami dan untuk di jadikan sebagai pelajaran.

Tahap pertama 

kasus petama kali di umumkan di italia

ah itu hannya flu saja, gak penting memakai masker dan apa pentingnnya pakai masker ?

saya kan sehat gak bakal ketularan, orang orang itu hanya lebay, gak perlu panik terhadap virus ini

Tahap kedua

jumlah yang terjangkit virus corona sekitar 75 orang pada tanggal 22 febuari beberapa kota kecil di karantina. lagi lagi @ ah cuma beberapa orang yang kena itupun yang terkena hanya orang orang yang sudah lanjut usia, yang sebelumya sudah punay penyakit. hidup seperti biasa saja lah jangan panik, ke mall, nongkrong bareng teman teman dan jalan jalan tetap lanjut.

Tahap ke Tiga

jumlah kasuh terjangkit meningkat tajam dalam 1 hari kematian bertambah secara drastis. pada tangagl 7 maret 5.067 kasus positif corona, zana merah di berlakukan. wilayah yang di karantina hampir 25 persen dari luas italia. seklah dan universita tutup tetapi tempat hiburan, bar dan restoran tetap buka.

alu sekitar 10 ribu orang kabur dari zona merah sebelum resmi karantina di berlakukan. dan ini awal mula situasi menjadi lebih buruk.

sementara 75 % masih menganggap enteng corona anjuran cuci tangan ada dimana mana tapi sedikit sekali yang melakukannya, hanya sidikit sekali yang mematuhi anjuaran tersebut.

TAHAP 4
Jumlah kasus terus  meningkat dengan tajam akhirnya,  Sekolah dan universitas ditutup di mana-mana setidaknya selama sebulan dan  darurat nasional pun di berlaku.

Rumah rumah sakit menambah kapasitas untuk menampung pasien, seluruh kamar dibersihkan untuk memberi ruang bagi pasien corona virus. Tapi tidak ada cukup dokter dan perawat untuk menangani pasien. Para pensiunan dan mahasiswa kedokteran tingkat akhir pun di panggil untuk membantu. Bekerja sebisanya dan semampunya. yang miris Dokter dan perawat mulai terinfeksi, lalu menyebarkannya ke keluarga keluarga mereka di rumah.

Ada terlalu banyak kasus pneumonia, terlalu banyak pasien yang memerlukan  ICU, tapi ruangannya terbatas dan sudah habis. Ventilator pun habis tidak memadai.

Pada titik ini seperti kondisi dalam perang : dokter harus memilih siapa yang akan diobati terlebih dahulu berdasarkan peluang bertahan hidupnya. Itu berarti pasien lanjut usia dan punya penyakit bawaan seperti hipertensi/stroke tidak masuk prioritas. Orang-orang mati karena tidak ada ruang lagi untuk menampung mereka dan keterbatas penanganan.

Dokter menyerah, setiap hari harus membiarkan minimal 3 orang mati karenatidak ada peralatan dan ruangan untuk menampung pasien. Suster menangis karena cuma bisa memberikan oksigen pada mereka yang sekarat saja.

Chaos. Sistem layanan kesehatan runtuh

TAHAP 5.
Ingat 10 ribu orang idiot yang tidak mematuhi yang lari dari zona merah ke seluruh Italia? Iya..mereka menyebarkan corona ke 75% wilayah yang sebelumnya relative aman.

pada tanggal 9 maret, 9.172 kasus terinveksi corona, Seluruh negara di berlakukan red zone atau zona merah. Lockdown. Orang-orang hanya dapat pergi bekerja, berbelanja bahan makanan, pergi ke apotek. Semua bisnis masih dibuka karena jika tidak ekonomi akan runtuh, itu kebijakan pemerntah italia.

akan tetapi mulai ada ketakutan yang terbersik di pikiran mereka. Orang-orang mulai memakai masker dan sarung tangan. akan tapi tetap saja ada anak-anak muda yang merasa jagoan mereka tidak mengindahkan peringatan pemerinatah, mereka Pergi ke restoran rame-rame, hangout bareng, minum2 dan kegiatan bersenag sengan lainnya.

TAHAP 6:

dua hari kemudian, pemerintah Italia berubah pikiran. Semua bisnis harus tutup semua nya :  restoran, pusat perbelanjaan, semua jenis toko, tempat tempat wisata di tutup kecuali supermarket dan apotek.

Penyebabnya  adalah dalam sehari yang positif terkena virus bertambah sekitar 2.313 kasus. Total yang menderita virus mencapai 12.423 penderita.

Penduduk yang akan keluar rumah harus mendapatkan  ijin terlebih dahuli , pospemeriksaan polisi yang disebar di berbagai lingkungan. Yang melanggar kena denda 3,3jt. Pasien positif yang tidak mau mengkarantina diri bakal dituntut dengan pasal pembunuhan. Hukuman 1 sampai 12 tahun penjara.

—–

Dengan pemerintah yang mengambil kebijakan secepat itu dan setegas itu, Italia tetap menjadi negara dengan fatality rate corona tertinggi di dunia. 7.3%. bandingkan dengan Cina yang cuma 3,4%.

Dan hari minggu kemaren (15/3) Italia mencatatkan rekor jumlah kematian sebanyak 368 dalam satu hari. Jadi totalnya sudah ada 1.809 orang meninggal. Tertinggi kedua setelah Cina.

Sebagai gambaran, luas Italia itu kurang lebih 2x Pulau Jawa

. Penduduknya 64 juta, sementara penduduk Jawa 150 juta.

Di Italia 22 Februari jumlah positif corona 75 orang, 22 hari kemudian (15/3) jumlahnya jadi 24.747.

Di Indonesia 15/3 ada 117 positif corona. Entah berapa banyak jumlahnya 22 hari lagi kalau semua masih berjalan seperti ini. Pemerintah yang kurang cepat dan tegas, kita semua yang masih bandel dan menganggap remeh. Kita hanya bisa berharap yang terbaik, sambil mewaspadai yang terburuk.

Yuk, mulai dari diri sendiri. Jaga kebersihan lalu isolasi diri dan keluarga. Tidak keluar rumah kecuali sangat penting. Bahkan batasi mengunjungi keluarga yang sudah sepuh. Karena merekalah yang paling rentan dengan corona.

Tapi kan saya nggak kerja kantoran. Kalo nggak kerja nggak makan, nggak hidup?

Tapi Pak, kalo terpapar corona juga bahaya buat hidup bapak dan keluarga.

Ini saatnya memulai solidaritas. Yang mampu harus mulai membantu yang tidak mampu. Di Cina pemerintah menyediakan makanan untuk mereka yang mengisolasi diri. Semoga pemerintah kita mulai menyiapkan ini.

Ini adalah bentuk usaha dan doa kita. Memaksimalkan ikhtiar sebagai bentuk penyempurnaan tawakkal kita pada Allah.

di kota batu sendiri jatimpark group di tutup, baik jatim park 1 jatim park 2 dan jatim park 3 yang lainnya seperti wisata outbound malang coban rais dan wisata outbound di malang coban talun di tutup sementara dari tanggal 16 maret sampai 29 maret .

semoga awal bulan april wisata wisata outbound di malang kembali bisa di buka tertama group group yang sudah boking untuk melakukan kegiatan outbound training maupun rafting di batu rafting

ada bebrapa jadwal rafting di batu rafting yang masih dalam diskusi tetap dilaukan apa harus mundur setelah lebaran yang perkiraan pelaksanaanya di bulan juli atu agustus,

kita hanya bisa berdoaakepada allah SWT agar bdai penyakit ini segera di nagkat dan kita bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

salam sukses selalu

Outbound malang Nolimit Adventure